blabbering

punya usaha

hampir setaunan ini, punya usaha sendiri, wiraswasta, start up, rame banget dibicarain.. kayanya orang yang punya usaha sendiri kedengeran LEBIH KAYA dibanding yang jadi pegawai..

walo bener sih…

sempet mencoba berdagang, karna kan katanya 8 dari 10 pintu rejeki Allah itu dateng dari dagang, tapi ternyata cuman bertahan 1 – 2 puteran, abis itu duitnya jadi tas. investasi.

belakangan kepikiran lagi, usaha, apapun itu.. bukan, ini bukan karena bonus tahun ini mengecewakan, engga itu kok walo sebenernya gitu ding.. tapi kepikiran Ibu sama Bapak yang udah sepuh, masa mereka mau kerja 8-5 terus.. dan lagian si jomblo udah lulus kuliah, jadi bisa diandelin.

abis ngobrol dengan banyak orang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangin juga buat ini :

  1. ONLINE. hari gini udah jarang kayanya orang bingung sewa ruko untuk dagang, karena toko paling besar dan jangkauan paling luas saat ini aja sewanya free. you name it, instagram, bukalapak, tokopedia, shopee, blibli.. semua online, free, tanpa batas. OKEHHHH. berarti modal puluhan juta buat sewa ruko bisa dicoret dari list.
  2. Bagus, temen kantor, jualan peralatan ibu hamil dan menyusui, dia mulai bangun usahanya 3th sampai settle dimana orderan per hari minimal 10 barang. oke, tiga tahun, ini perlu pelatihan kesabaran dimana jomblo gagal sekali aja udah males.
  3. Kesabaran dan kelatenan.. ini yang susah, susah dicari dan dipertahankan.. gimana rasanya ud posting 2 bulan baru 2 barang yang laku.. ehhh, ini aku udah ngerasain dan sedih lohh..
  4. Komitmen. setelah ada yang beri, packing dan kirim barang itu perlu komitmen juga loh, ga males ke ekspedisi, packing rapi biar ga kena rembesan air.. duuhhh..

pas siang ini ngobrol ama ibu lagi, terus tiba2 keluar deh pesimisnya ibu : Nanti kalo yang pesen banyak, terus siapa yang bikin.. haishhhh.. balik lag ke komitmen yang tadi..

yasuds, dicoba dulu aja, mumpung lagi ada modalnya, mumpung lagi ada niatnya..

 

ps : bener bener membutuhkan kesabaran, karena klo online, banyak yang cek cek harga terus ditinggal, pedih atuhh mba ditawar doang tapi ga payment.. — kejadian sama tya yang buka toko onglen barang preowned..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s